Sebelum kita membuat website kita cari tau dulu apakah website itu. ngga lucu kan kalau kita mau membuat sebuah web site tapi makna dari website itu sendiri kita ngga tau trus apa fungsi nya juga ga tau trus apa yang mau kita buat iya kan???
Nah apa sih arti website itu WEBSITE adalah: Kumpulan halaman - halaman yang berisi informasi yang di simpan di internet yang bisa di akses atau di lihat melalui jaringan internet pada perangkat perangkat yang bisa mengakses internet itu sendiri contohnya HP, Laptop, & komputer tentunya.
Nah sekarang udah tau apa itu website kan nah dari pada kebanyakan kata2 yang ga jelas mendingan sekarang kita langsung aja praktek pembuatan sebuah website nah karena ini untuk belajar kita pakai domain dan hosting yang free.
Langkah pertama untuk membuat sebuah website adalah daftar domain
untuk memdaftar anda bisa klik disini
untuk langkah langkah pembuatan ikuti tutorial ini langkah yang pertama kita buat nama domain misalkan seperti di gambar berikut ini
jika yang muncul seperti yang ada gambar di bawah ini
Kalo hasilnya seperti ini nama domain anda tersedia dan silahkan menuju ke langkah berikutnya tetapi jika yang muncul adalah gambar seperti ini
Berarti anda harus mencari nama domain yang lain yang belum ada ada juga kadang - kadang muncul yang seperti ini
jika yang muncul seperti gambar diatas berarti jika anda mengunginkan nama domain tersebut anda harus membayar senilai 3 USD tapi kalo anda keberatan anda bisa nyari nama domain yang lain.
jika sudah dapat nama domain yang pas buat anda silahkan lanjutkan langkah selanjutnya jika sudah muncul seperti gambar yang pertama maka langsung saja anda klik
akan muncul tampilan seperti ini
langsung aja anda klik tulisan "create an account now>>" seperti yang di tunjuk tanda panah merah pada gambar nah di langkah ini anda harus mengisi alamat email dan semua option yang ada. setelah semua terisi anda kasih tanda centang pada tulisan yang berwarna merah "I accept the Terms of Service" trus klik "Create an account now" jika semua anda isi dengan benar maka akan muncul gambar seperti ini
klik "setup" terus pilih option name server yang terdapat di paling atas / no 1 atau lihat gambar
nah sekarang kita masukan nama dari server yang mau kita pakai dan kebetulan disini kita pakai server yang free juga yaitu "host1free"
masukan di name server 1 "ns1.host1free.com" ( tanpa tanda petik )
dan di name server 2 "ns2.host1free.com" (tanpa tanda petik )
ataubisa anda lihat seperti gambar berikut
Setelah itu klik setup yang di tunjuk pake tanda panah merah di gambar di atas jika sudah selesai dan berhasil tinggal kita menuju ke hosting.
Kalo anda masih bingung dengan apa itu hosting lebih baik kita pake yang mudah saja kita arahin domain yang baru kita bikin ke url dari blog anda contoh seperti ini
tapi kalo anda belum punya blog atau masih bingung dalam pembuatanya silahkan baca tutorialnya yang bisa anda klik disini
dan akhirnya selamat website anda sudah jadi dan siap untuk di publikasikan.
Namun bagi anda yang ingin membuat website untuk sarana berbisnis maka sebaiknya anda pakai hosting jangan yang dari URL blog tujuanya supaya dapat menginstal script dari jenis usaha anda seperti Script MLM, Affiliate, dll.
bagai mana cara buat hosting gratis? klik disini









Tidak ada komentar:
Posting Komentar